Sebanyak 95 siswa kelas IX MTs Surya Buana telah sukses mengikuti Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) pada tanggal 28 Maret hingga 2 April 2020. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya dimana semua ujian dilaksanakan disekolah. Kali ini hanya Ujian Praktek dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) yang berlangsung disekolah. Dimana kedua Ujian tersebut terjadwal sebelum pandemi melanda negeri ini.

Terhitung sejak tanggal 19 Maret 2020, sekolah sudah menonaktifkan segala bentuk kegiatan belajar mengajar maupun ujian disekolah. Situasi pandemi dan segala sesuatu yang serba mendadak tak menyurutkan semangat dan gerak para bapak ibu guru Matsasurba. Sehingga terbentuklah sebuah tim E-learning yang mampu merencanakan dan menyusun pelaksanaan ujian dan pembelajaran secara online selama masa pandemi ini.

Pelaksanaan UMBK kali ini menggunakan media Google Form. Dikomandani oleh Pak Soleh selaku Guru Informatika dan tim E-Learning, semua bapak ibu guru dibimbing dengan sabar untuk mengetahui alur dan praktek langsung membuat soal. Soal tersebut pada akhirnya akan di share berupa link ke grup grup kelas sesuai jadwal yang sudah ada. Peran walikelas sangat penting pada momen seperti ini. Dimana harus mengkondisikan dan memastikan siswanya siap mengikuti ujian.  

Terdapat 9 mata pelajaran yang diujikan pada ujian yang berlangsung selama 5 hari ini yakni Bahasa Arab, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Akidah Akhlak, Bahasa Inggris, IPS, IPA dan Bahasa Jawa.  Bahkan demi kelancaran pelaksanaan UMBK, sebelum ujian, kami menyelenggarakan Simulasi Try Out UMBK dan Try Out UMBK yang sudah terjadwal. Simulasi Try out diadakan satu hari sebelum try out, yaitu pada tanggal 20 Maret. Sedangkan Try Out UMBK diadakan pada tanggal 21 Maret sampai 27 Maret 2020.

Walaupun ada beberapa kendala teknis seperti jaringan siswa yang kurang lancar, siswa yang terlambat mengikuti ujian, namun semua bisa teratasi. Semua rentetan ujian UMBK berjalan lancar dan sesuai harapan.

Dengan persiapan yang begitu matang, bahkan sejak awal semester genap, bimbingan khusus pun sudah diberikan kepada seluruh siswa kelas IX, dengan harapan semua siswa percaya diri dan mantap dalam menghadapi semua ujian dan mendapatkan nilai yang memuaskan. (her)