Membumikan Alquran. Istilah tersebut mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Istilah ini dikembangkan pada tahun 2004 melalui lembaga Pusat Studi Alquran (PSQ) yang didirikan oleh Pof. Dr. AG. H. Quraish Shihab, Lc., M.A., seorang cendekiawan muslim terkemuka. Membumikan Alquran adalah sebuah upaya untuk memahami dan menerapkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari. MATSASURBA juga berusaha mewujudkan hal tersebut melalui kegiatan-kegiatan pembelajarannya.

Salah satu ikhtiar MATSASURBA dalam rangka membumikan Alquran salah satunya adalah kegiatan Tadarus Keliling yang biasa kami sebut dengan Darling. Kegiatan Darling ini diagendakan oleh pihak sekolah sebagai rutinitas bulanan setiap kelas yang bertempat di kediaman salah satu orang tua siswa. Kegiatan yang tentunya dihadiri oleh para siswa dan wali kelas ini juga dihadiri oleh kepala madrasah atau wakil kepala. Tidak ketinggalan, para orang tua murid juga turut serta dalam kegiatan yang insha Allah mendatangkan keberkahan tersebut.

Kegiatan Daring dilaksanakan pada hari Sabtu atau Minggu. Seperti Darling yang dilaksanakan kelas 8C MTS SURYA BUANA pada 7 Maret silam sebelum PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan. Darling kelas 8C dilaksanakan di kediaman Ibu Lilik, orang tua ananda Amalia Ramadhani. Para siswa juga terlihat antusias mengikuti kegiatan yang bermanfaat tersebut.

“Saya senang, Bu, kalau anak saya saat libur kegiatannya tadarus seperti ini daripada main-main ke mall atau nonton bioskop di film. Saya juga kalau Sabtu begini senggang, jadi bisa ikut Darling juga,” terang salah satu orang tua. Kegiatan Darling selain bertujuan untuk membumikan Alquran dan mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, juga sebagai pengerat silaturrahmi antara Bapak/Ibu guru dengan orang tua siswa. (RIN)