Dua hari menjelang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), MTs Surya Buana menggelar acara Training Motivasi yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas Sembilan beserta orang tua mereka. Acara ini telah menjadi salah satu sederet kegiatan rutin pada semester genap. Digelar pada tanggal 14 Maret 2020, acara ini bertempat di aula MATSASURBA dengan mengusung tema Menggapai Mimpi Meraih Prestasi.

Training Motivasi pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, kali ini pemateri yang mengisi acara tersebut salah satunya adalah ibunda dari salah satu siswi kelas sembilan, Irtiza, yakni Ibu Anggraini Puspitasari. Beliau menyampaikan materi mengenai berbagai keadaan psikis yang dialami oleh manusia, khususnya para remaja. Bersama Ibu Anggraini, para siswa beserta orang tua belajar mengenali dan memahami emosi yang terdapat dalam diri masing-masing.

Tidak hanya Ibu Anggraini, Bapak Ilhamuddin juga hadir sebagai pemateri utama. Pembawaan beliau yang santai dan melemparkan guyonan beberapa kali membuat antusiasme siswa dan orang tua tetap tinggi meskipun sudah siang sekalipun. Dari pengalaman beliau, siswa bisa belajar untuk tidak pernah berhenti dalam menggapai cita-cita, selalu berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Bapak Ilhamuddin juga menekankan bahwa mimpi dan cita-cita kita bukan satu-satunya hal yang penting, tetapi berbakti kepada orang tua juga satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilalaikan oleh kita semua. Di penghujung acara, beliau juga memberikan sugesti kepada para siswa dan orang tua. Dengan menutup mata mereka, Bapak Ilhamuddin memberikan ilustrasi-ilustrasi yang harus mereka bayangkan, di antara adalah diri mereka sepuluh tahun ke depan dan kasih sayang orang tua yang membuat mereka berada pada posisi tersebut. Alhasil, hal tersebut membuat beberapa siswa dan orang tua menangis haru. Tidak lupa, beliau juga menginstruksikan para siswa untuk menghampiri orang tua masing-masing untuk memberikan pelukan dan menyampaikan ungkapan sayang dan terima kasih.

Acara Training Motivasi ini sukses berjalan berkat kerja sama antara Bapak/Ibu guru dan Paguyuban Orang Tua Siswa (POS). Dengan menyelenggarakan acara seperti ini, selain untuk memperkuat motivasi belajar siswa, juga menjaga silaturrahmi serta kekompakan antara para guru dan orang tua semakin terjalin dengan baik. (RIN)