Sabtu, 22 Februari 2020, aula MATSASURBA terlihat ramai oleh para orang tua siswa. Hal tersebut disebabkan adanya kegiatan rutin semester MATSASURBA, yakni Kajian Interaktif POS (Paguyuban Orangtua Siswa). Untuk semester genap ini, kegiatan tersebut dipanitiai oleh para guru MTS SURYA BUANA dan pengurus paguyuban orang tua siswa kelas delapan. Kegiatan rutin tiap semester ini dimulai dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.

Kajian Interaktif POS pada semester genap ini mengusung tema Meneguhkan Kembali Tafaquh Fiddin pada Diri di Era 4.0. Dengan dihadiri oleh Ustaz Zainal Arifin Al Nganjuki sebagai pemateri, para orang tua siswa menyimak dengan saksama tentang hal yang beliau sampaikan. Beliau menyampaikan bahwa dua hal yang membuat manusia menjadi rusak adalah mengumpulkan harta secara berlebihan dan meninggalkan ilmu. Selain itu, beliau juga memberikan nasihat apabila kita ingin menjadi wali Allah, kita harus melaksanakan empat hal, yaitu (1) sabar, (2) dermawan, (3) sering mendoakan orang lain, dan (4) tidak berhenti mendoakan anak.

Usai Kajian Interaktif POS, dilanjutkan dengan pengambilan rapor bulanan sesuai kelas masing-masing. Pengambilan rapor bulanan ini sekaligus sebagai kesempatan bagi orang tua siswa dan wali kelas untuk berdiskusi mengenai perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Selain untuk merealisasikan program sekolah, Kajian Interaktif POS dan pengambilan rapor bulanan juga bertujuan untuk menjaga silaturahmi dan kekompakan antara para guru MATSASURBA dan para orang tua siswa. (RIN)