Untuk menutup pembelajaran semester gasal, MATSASURBA memiliki sebuah agenda rutin yang sukses menggebrak antusiasme warga sekolah. Sesuai dengan namanya, Ajang Kreativitas Siswa (AKSIS), acara ini menyuguhkan berbagai penampilan yang digawangi oleh para siswa MTS SURYA BUANA. Kesuksesan AKSIS tidak luput dari kerja keras para Bapak/Ibu guru selaku panitia kegiatan dan para pembina bakat minat yang telah mempersiapkan konsep sedemikian rupa demi performansi pada acara AKSIS.

Performansi pada AKSIS terbagi berdasarkan bakat minat yang masing-masing diikuti oleh siswa. Setiap bakat minat menampilkan satu performansi dengan konsep yang berbeda-beda. Bakat minat tersebut terdiri atas Pramuka, PMR, Olimpiade, Tapak Suci. Seni Lukis, Public Speaking, Teater, Musik, Tahfiz, Futsal, Tenis Meja, Robotik, Animasi, Paduan Suara, Catur, Atletik, Panahan, Karawitan, dan English Club.

Para siswa yang tergabung dalam Karawitan stand by di atas panggung sebagai pengisi musik langsung, juga berkolaborasi dengan bakat minat Panahan saat para siswa panahan melakukan live action di panggung. Tidak hanya panahan, Robotik, Futsal, dan Tapak Suci juga menampilkan live action. Para siswa Robotik mengoperasikan robot yang sudah dirakit, dilengkapi dengan lintasan yang sudah dipersiapkan. Sementara itu, para siswa Futsal melakukan trik-trik menggiring bola bergantian satu persatu. Tentu saja para siswa Tapak Suci tidak kalah menampilkan jurus-jurus yang sudah mereka kuasai, baik secara individu maupun beregu. Bakat minat Musik dan Tahfidz tampil sebagai pembuka acara.

Bakat minat Tenis Meja dan Robotik melakukan sebuah presentasi. Bakat minat Seni Lukis menampilkan sebuah gabungan performansi yang sangat epik. Siswa Seni Lukis melukis bekerja sama melukis secara langsung di panggung, diiringi oleh beberapa siswa yang bernyanyi dan peraga. Performansi tersebut mengundang decak kagum saat lukisan sudah selesai dan diperlihatkan kepada para audiens. Sementara itu, beberapa bakat minat mengemas performansi mereka dalam bentuk mini drama, seperti Public Speaking, PMR, Teater, English Club, Atletik, Catur, dan Olimpiade. Drama yang ditampilkan pun mengusung tema yang berbeda-beda. Public Speaking mengusung tema Talk Show, PMR mengusung tema peperangan, dan Teater mengusung tema dolanan Jawa klasik. Sementara itu, Atletik, Catur, dan Olimpiade tergabung menjadi satu tim yang menampilkan drama kolaborasi bertajuk Together We Conquer.

Tidak hanya itu, performansi lain yang meningkatkan antusiasme audiens adalah performansi dari para Bapak/Ibu guru MATSASURBA. Berkolaborasi dengan para siswa Atletik, Catur, dan Olimpiade, Bapak/Ibu guru membawakan sebuah lagu dan sebuah puisi. Band yang digawangi oleh Bapak Heru (vokalis), Bapak Riyadi (basis), Bapak Yusuf (drummer), dan Bapak Amar (gitaris) ini mempersembahkan lagu Laskar Pelangi. Tak lupa juga Ibu Fifin sebagai pembaca puisi mempersembahkan karyanya untuk para siswa tercinta. “Ya begini ini yang bagus. Para gurunya juga ikut berpartisipasi secara aktif, nggak cuma muridnya aja yang tampil,” ujar salah satu wali murid.

Menjelang penghujung acara, performansi dari siswa Pramuka sukses menggebrak kembali semangat audiens dengan menampilkan gerakan-gerakan yang kompak diiringi dengan yel-yel. Tidak sedikit para audiens yang mengangkat gawai dan kamera mereka untuk mengabadikan momen AKSIS ini.

Selain menyuguhkan performansi-performansi, kegiatan AKSIS ini juga memberikan apresiasi terhadap para siswa yang berhasil meraih prestasi, baik akademik maupun nonakademik. Pemberian piala kepada siswa berprestasi akademik diwakili oleh masing-masing wali kelas, sedangkan untuk siswa berprestasi nonakademik diwakili oleh Bapak Riyadi selaku Kepala MATSASURBA. Bapak Tarman, supervisor Surya Buana, mengungkapkan, “Acaranya sukses dan meriah. Acara tengah tahun tapi seperti akhir tahun. Bagus sekali.” (RIN)