MTS SURYA BUANA menggelar Festival Seni Islami Tingkat SD/MI/TPQ se Malang Raya pada Sabtu, 19 Oktober 2019. Kegiatan yang dikenal dengan FISI tersebut mengusung tema Mewujudkan Generasi Qurani Berprestasi. FISI merupakan kegiatan tiap tahun yang dikemas dalam bentuk lomba-lomba. Diantaranya Lomba Azan, Lomba Da’i, Lomba Lagu Islami, Lomba Puisi Islami, Lomba Kaligrafi, Lomba Cerdas Cermat Islami, dan Lomba Tahfiz Juz 30. Untuk FISI 2019 adalah FISI ke-2 yang diselenggarakan oleh madrasah yang dikenal dengan sebutan MATSASURBA itu.

Acara diawali dengan penampilan MATSASURBA Band. Membawakan 2 lagu, band yang terbentuk dari kegiatan bakat minat itu tampil menghibur peserta yang terdiri atas siswa SD/MI serta santri TPQ se Malang Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Madrasah yakni Akhmad Riyadi. Mengawali sambutannya beliau membangkitkan semangat para peserta dengan salam FISI, dan disambung dengan menyampaikan tujuan diadakannya FISI. “FISI ini kita adakan dalam rangka mewujudkan generasi Qurani yang berprestasi, berlomba-lomba dalam kebaikan, dan syiar Islam. Dengan FISI ini kita optimis akan terwujud generasi islami yang berprestasi”, katanya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan pembina yayasan sekaligus menyematkan pin ke salah satu peserta sebagai tanda bahwa FISI resmi dibuka dan dimulai. Berhubung tempat lombanya tidak dalam satu tempat, maka koordinator acara yakni Novi Lestari Ningtyas menginformasikan tempat masing-masing lomba. Semua peserta pun bergegas menuju ruang lomba masing-masing. Di dalam ruang lomba peserta yang hadir sudah siap disambut oleh koordinator dan juri tiap lomba.

Dari 7 cabang yang dilombakan, ada 3 cabang lomba yang diadakan di panggung utama yakni Azan, Lagu Islami, dan Da’i. Sehingga semua peserta, undangan, dan para pendamping bisa menyaksikan penampilan para peserta dari ketiga cabang lomba tersebut. Sedangkan sisanya di ruang tertutup. Lomba berjalan lancar, semua peserta tampak mengerahkan seluruh bakat dan kemampuannya. Mereka semua berlomba meyakinkan juri bahwa merekalah yang layak jadi juara.

Disela-sela waktu sambil menunggu lomba selesai, Bu Fifin dan Bu Khurin tampil mengisi acara dengan pembagian doorprize. Penampilan 2 guru Bahasa Indonesia tersebut melengkapi kemeriahan acara FISI saat itu. Sebelum mendapatkan doorprize para peserta diwajibkan menjawab pertanyaan seputar FISI dan MATSASURBA. Doorprize pun habis, acara dilanjutkan dengan penutupan dan pengumuman pemenang lomba.

Penutupan disampaikan oleh Moh. Saleh, Ketua Panitia FISI. Dalam sambutannya guru TIK tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta, pendamping, dan lembaga yang sudah ikut berpartisipasi. “Kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua yang sudah berpartisipasi dalam FISI ini, alhamdulillah FISI lancar dan sukses. Kami sampaikan selamat kepada pemenang dan semua peserta yang hadir. Tahun depan insyaAllah FISI kita tingkatkan menjadi Se Malang Raya terbuka”, sambungnya.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang masing-masing lomba. Pemenang yang diambil untuk setiap cabang lomba yakni juara 1, 2, dan 3 serta juara umum. Mereka berhak mendapatkan trofi, uang pembinaan, dan beasiswa masuk MTS SURYA BUANA. Keluar sebagai juara umum FISI 2019 yakni SDI Insan Amanah. Juara umum ditetapkan berdasarkan perolehan trofi kejuaraan. Sebagai akhir dari rangkaian FISI ditutup dengan doa oleh Ustaz Fatih. (ar)