Salah satu kegiatan yang dirancang oleh madrasah beserta orang tua siswa adalah Kajian Interaktif Paguyuban Orang Tua Siswa. Kegiatan tersebut sudah terealisasikan pada hari Sabtu, 12 September 2019. Dengan mengundang Kyai Abdullah Syam, kegiatan dimulai pukul 08.00 ini dihadiri oleh seluruh orang tua siswa MTs Surya Buana. Tidak hanya orang tua, ada beberapa siswa yang juga turut hadir di sana.

Kegiatan ini di-handle oleh paguyuban orang tua siswa kelas 9. Dimulai dari pembawa acara, sambutan, hingga penerima tamu. Pembina Yayasan Bahana Cita Persada, Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag juga menghadiri kegiatan ini. Tak lupa, beliau juga memberikan sambutan setelah Bapak Riyadi, selaku Kepala Madrasah memberikan sambutannya.

Usai sambutan dari paguyuban, kepala madrasah, dan pembina yayasan, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh Kyai Abdullah Syam. Tausiyah yang beliau sampaikan tidak hanya bermanfaat tetapi juga menghibur. Beberapa kali audiens dibuat tertawa oleh guyonan beliau. Salah satu hal penting yang Kyai Abudullah sampaikan adalah cara mendidik seorang anak. Orang tua dan guru harus sejalan dan seirama dalam membimbing dan menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak. Tidak hanya itu, orang tua dan guru juga wajib menjadi teladan yang baik bagi anak agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang saleh dan salehah.

Dilanjutkan dengan pengambilan rapor bulanan, para orang tua menuju kelas ananda masing-masing untuk menemui wali kelas. Selain mengambil rapor, orang tua dan wali kelas juga melaksanakan diskusi mengenai kegiatan-kegiatan madrasah mendatang. Hal yang paling penting yaitu berdiskusi mengenai perkembangan ananda selama di madrasah. Wali kelas juga menampung beberapa usulan dari orang tua mengenai kegiatan di madrasah.

Acara Kajian Interaktif POS digelar oleh pihak madrasah demi terwujudnya rasa kekeluargaan antara pihak madrasah dan orang tua siswa. Sejalan dengan arti kata paguyuban yang berarti “perkumpulan yang bersifat kekeluargaan’. (Rin)