Dalam rangka merealisasikan program-program madrasah, Madrasah Tsanawiyah Surya Buana mengundang seluruh wali murid untuk menghadiri pertemuan pada hari Rabu, 27 Juli 2019, di aula MTs Surya Buana. Agenda pertemuan tersebut adalah sosialisasi program madrasah dan pembentukan  POS (Paguyuban Orangtua Siswa). Pertemuan tersebut dibagi dalam dua sesi, sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 sampai pukul 10.00 dihadiri oleh wali murid kelas IX. Sementara itu, sesi kedua dimulai pukul 10.00 sampai 12.00 dihadiri oleh wali murid kelas kelas VII dan VIII.

Sosialisasi program madrasah tidak hanya disampaikan oleh kepala madarasah, Bapak Akhmad Riyadi, melainkan juga disampaikan oleh Bapak Elvin Fajrul selaku direktur Perguruan Surya Buana, serta perwakilan dari Ummi selaku lembaga yang bekerja sama dengan MTs Surya Buana dalam kegiatan Tilawah.

Materi yang disampaikan Bapak Riyadi tidak lain adalah program-program madrasah yang sudah dirancang dan akan direalisasikan mulai tahun ajaran baru 2019-2020. Program-program tersebut di antaranya adalah Tilawah, Outing Class, Studi Empiris, Outbond, dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, pihak madrasah mengundang Ummi untuk menyosialisasikan kegiatan tilawah yang wajib diikuti oleh semua siswa.

Dalam menindaklanjuti program OC (outing class), pihak sekolah juga menginstruksikan wali murid untuk menuju ke kelas ananda seusai para pemateri menyampaikan materinya. Tujuannya ialah berdiskusi dengan wali kelas untuk membentuk POS (Paguyuban Orangtua Siswa). POS inilah yang nantinya akan bekerja sama dengan madrasah untuk mendukung program-program madrasah. Salah satunya ialah kegiatan OC. Dalam pertemuan internal dengan wali kelas masing-masing ini pula, dirancang destinasi kegiatan OC untuk masing-masing kelas. Destinasi kegiatan OC adalah tempat bekerja salah satu wali murid. Oleh karena itu, masing-masing kelas memiliki destinasi yang berbeda. (Rin)