MATSASURBA semakin memantabkan langkahnya untuk mencetak generasi qurani yang berakhlak mulia. Baru-baru ini madrasah yang terakreditasi A tersebut meluncurkan salah satu program yang diberi nama DARLING. DARLING merupakan singkatan dari Tadarus Keliling. Bekerjasama dengan orangtua siswa yang tergabung dalam Paguyuban Orangtua Siswa (POS), DARLING ini diselenggarakan 1 bulan sekali (sesuai kesepakatan) dengan tempat bergiliran keliling dari rumah ke rumah siswa/orangtua dalam satu kelas. Adapun pesertanya yakni siswa dalam 1 kelas tersebut, didampingi orangtua siswa beserta wali kelas. Kegiatan utama didalamnya adalah Khotmil Quran (Khataman Alquran), dan juga diisi dengan kegiatan tambahan seperti kajian, dan lain-lain.

Tujuan dari DARLING selain untuk membumikan Alquran, menanamkan kecintaan pada Alquran, sehingga Alquran akan menjadi petunjuk dan pegangan dalam melaksanakan setiap aktivitas sehari-hari, kegiatan ini juga sebagai wadah silaturrahim untuk memperkuat ukhuwah antara siswa, orangtua, guru/karyawan, dan madrasah.

Tidak hanya untuk siswa, orangtua siswa dan wali kelas yang akan mengikuti DARLING, guru/karayawan pun akan mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga untuk memulai kegiatan tersebut pada Minggu, 22 September 2019 bertempat di Jl. Sumber Sari Gang 6 Nomor 50 Kota Malang, kediaman salah satu guru MATSASURBA yakni Ustazah Siti Zubaidah diadakanlah Kick Off “Darling”. Acara tersebut dibarengkan dengan agenda Family Gathering yang juga merupakan salah satu agenda rutin dari madrasah yang setiap pagi menerapkan salat duha 8 rakaat itu.

Dimulai pukul 08.30 acara tersebut dihadiri semua guru/karyawan MATSASURBA beserta keluarganya. Ustaz Fatih sebagai pembawa acara memulai dengan Ikrar bersama membaca Syahadat, dilanjutkan dengan Khotmil Quran yang dipimpin oleh Ustaz Mabrur. Satu persatu Bapak/Ibu yang hadir dibagikan Alquran per Juz, Khotmil Quran pun berlangsung sangat khidmat. Setelah itu Ustaz Hasan memimpin doa.

Acara kemudian disambung dengan sambutan dari Sohibul Bait, Ustazah Ida. Dalam sambutannya Guru IPS yang mempunyai 3 putri tersebut menyampaikan ucapan terima kasih rumahnya sudah ditempati untuk Khotmil Quran. “Terima kasih Bapak/Ibu semua sudah berkenan hadir di rumah saya untuk Khotmil Quran, semoga membawa keberkahan buat kita semua. Semoga kita bisa istiqomah melaksanakan DARLING ini,” katanya.

Sambutan dilanjutkan oleh Ustaz Riyadi Kepala MATSASURBA. Beliau menjelaskan tujuan dari DARLING. “DARLING ini merupakan jawaban dari keinginan kita untuk mewujudkan generasi Qurani yang berakhlak mulia. Dengan DARLING ini kita ingin membumikan Alquran dalam setiap aktivitas kita. Harapan kita kedepan Alquran ini betul-betul menjadi pedoman hidup kita. Mengapa masih ada orang yang berbuat maksiat, karena dia jauh dari Alquran. Kalau kita dekat dengan Alquran maka kita akan menjadi pribadi yang senantiasa menebar kebaikan,” kata Bapak peraih Juara 2 Kepala Madrasah Berprestasi Jawa Timur itu.

Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang pentingnya menyambung silaturrahim. “DARLING ini juga sebagai wadah bagi kita untuk mempererat tali silaturrahim, hari ini silaturrahim kita spesial, karena diisi dengan memuliakan Alquran, InsyaAllah kalau kita memuliakan Alquran, Allah akan memuliakan kita semua”, sambungnya.

Acara ditutup dengan ramah tamah. (ar)