Kegiatan outing class merupakan pembelajaran diluar kelas yang bertujuan untuk menambah pengetahuan serta membentuk pola pikir siswa. Outing class merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan ilmu teori didalam kelas. Sehingga siswa bisa mengetahui dan praktek langsung dengan kehidupan nyata.

Hari Rabu, tanggal 11 September 2019, siswa 8A mengadakan kegiatan Outing Class dengan lokasi tujuan CV. Milkindo Berka Abadi yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. CV. Milkindo Berka Abadi merupakan wahana wisata edukasi yang fokus pada  peternakan sapi perah. Selain belajar segala sesuatu mengenai sapi perah, memerah sapi, siswa juga belajar menanam model hidroponik dan membuat telur asin.

Sejumlah 30 siswa kelas 8A didampingi oleh Wali Kelas dan pengurus paguyuban orangtua siswa, terlihat antusias belajar, mengamati dan praktik langsung. Kegiatan pertama siswa yaitu menerima materi terkait sapi perah dan pengolahan susu sapi, diikuti dengan praktik menanam model hidroponik. Siswa dibentuk kelompok dan mengerjakan secara tim. Setelah itu siswa bersafari mengelilingi lokasi peternakan, mengenal lebih dekat tentang sapi perah dan diikuti dengan praktik memerah susu sapi secara bergantian. Beragam reaksi yang dimiliki siswa ketika memerah susu sapi. Beberapa siswa melakukan dengan berani, tak jarang juga ada siswa yang takut untuk memegang. Kegiatan selanjutnya yaitu praktek membuat telur asin. Masing masing siswa diberi sebutir telur bebek dan media untuk membuat telur asin bersama sama. “ Kami malah senang berkotor kotor pak, seru”, ucap Zildzian, salah satu siswa  8A. Siswa selanjutnya digiring untuk melihat kebun tanaman hidroponik dan dijelaskan kembali mulai proses menanam hingga perawatannya. Di jam istirahat siswa shalat berjaamah di mushalla dan bermain secara mandiri.

Pada pukul 14.00 siswa berkumpul untuk persiapan check out. Masing –masing siswa mendapat fasilitas telur asin, satu botol susu pasteurisasi dan satu kantong pupuk kompos. Kegiatan ditutup dengan makan bersama dan siswa tiba disekolah lagi untuk shalat berjamaah pada pukul 15.30.   

Kegiatan berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Hari itu siswa sudah belajar menjadi peternak dan petani selama sehari. Sesuai dengan tema outing class 8A yaitu become a skilled breeder and farmer in a day. (Her)