Rabu, 11 September 2019, rombongan kelas 7A melaksanakan salah satu program yang ada di MTS Surya Buana, yakni Outing Class atau biasa disingkat dengan OC. OC merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas yang bertujuan mengenal lebih dekat pekerjaan orang tua/wali siswa. Outing Class kali ini, para siswa mengunjungi 2 tempat, yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Perkebuanan Jambu Kristal yang berada di Batu milik salah satu keluarga dari siswa kelas 7A.

Sebelum berangkat, para siswa mengikuti kegiatan yang ada di sekolah seperti biasanya. Mereka datang pukul 06.45, kemudian berkumpul di musola untuk membaca Alquran, membaca Asmaul Husna, lalu salat Duha dan dilanjutkan dengan tilawah. Setelah kegiatan selesai, barulah para siswa bersiap untuk berangkat ke tempat yang dituju yaitu Balai Among Tani Kota Batu. Sebelum berangkat, para siswa diajak untuk berdoa safar agar perjalanan dan kegiatan ini berjalan lancar serta para siswa mendapat wawasan, pengalaman dan pengetahuan baru. Para siswa berangkat dari sekolah sekitar pukul 08.45 dan tiba di tempat tujuan pukul 10.15. Sampai  di sana, kami disambut oleh pihak dinas, kemudian para siswa diarahkan ke lantai 3 untuk mendapatkan materi tentang literasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu.

Para siswa sangat berantusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri. Mereka tidak mau ketinggalan informasi sehingga berbagai pertanyaan dilontarkan oleh para siswa kepada pemateri. Pemateri pun sangat mengapresiasi karena penjelasannya disambut dengan berbagai pertanyaan. Tidak jarang muncul pertanyaan yang bagus yang belum tentu ditanyakan oleh mahasiswa saat berkunjung. Ucap salah satu pemateri.

Setelah mendapatkan penjelasan, para siswa diberikan waktu 15 menit untuk membaca buku yang ada di perpustakaan Kota Batu. Setelah selesai membaca, para siswa diajak melihat pameran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan karena di hari yang sama ada kegiatan Road Show KPK. Setelah selasai kegiatan pertama, para siswa menuju ke masjid untuk melaksanakan salat Zuhur berjamah dilanjutkan makan siang yang sudah disiapkan.

Perjalanan selanjutnya, para siswa menuju ke tempat kedua yaitu Perkebunan Jambu Kristal. Para siswa tiba sekitar pukul 12.30. Para siswa disambut oleh tim Jambu Kristal dengan suguhan rujak Jambu Kristal. Kemudian mendapatkan materi dilanjut dengan praktik mencangkok tanaman, dan menanam daun. Para siswa dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama mencangkok batang Jambu Kristal yang sudah disiapkan dengan bahan-bahannya diantaranya: plastik, serabut pakis dll. Kelompok kedua menuju tempat untuk menanam sayur. Sebelum proses menanam para siswa mencampur tanah, pupuk dari kotoran hewan (ayam, kambing dan sapi), setelah tanah sudah siap, barulah biji sayuran dimasukkan di polybag. Selanjutmya, sebelum pulang para siswa diberikan 1 hasil karya menanamnya sebagai oleh-oleh. Mereka merasa senang karena mendapatkan pengalaman berharga dari hasil outing class ini. Tepat pukul 15.15 para siswa menyelesaikan segala kegiatan. Para  rombongan pulang dan tiba di sekolah pukul 16.15. Alhamdulillah. (Fatih)