Awal masuk bagi peserta didik baru biasanya diisi dengan Masa Orientasi. Hal itu bertujuan untuk pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Istilah Masa Orientasi diubah menjadi Matsama sesuai dengan keputusan Pendis No.361 tahun 2017 tentang pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru. Selain itu istilah Matsama dinilai lebih sesuai dan memperlihatkan ciri khas madrasah sebagai sekolah berbasis islami.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs Surya Buana merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh madrasah dibantu dengan OSIS di tiap awal tahun ajaran baru. Kegiatan Matsama ini bertujuan untuk mengantarkan siswa untuk beradaptasi di madrasah,mengenal antar sesama peserta didik baru, lingkungan madrasah, guru dan hal lain yang berkaitan dengan sekolah.

Matsama dilaksanakan selama lima hari, mulai 15 Juli 2019 sampai dengan 19 Juli 2019. Siswa dibekali dengan tiga bidang materi yaitu kepribadian, ketrampilan dan ketangkasan. Materi terkait kepribadian yakni menjadi pelajar yang santun dan taat peraturan serta menjadi siswa berakhlakul karimah dan berprestasi. Materi keterampilan yakni management waktu belajar dan bermain. Materi ketangkasan yakni dikemas dalam bentuk outbond activity. Selain ketiga bidang tersebut, siswa juga dikenalkan dengan kegiatan SB Adventure. “Tidak ada kendala berarti selama kegiatan Matsama tahun ini. Semua berlangsung lancar berkat bantuan semua pihak”, ucap Bu Fifin selaku ketua pelaksana sekaligus wakil kepala bidang kesiswaan.

Jadi, kegiatan taaruf siswa baru diharapkan dapat membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan madrasah secara cepat dan mencintai almamater MATSASURBA. (Her)