Demi memperingati serta menyemarakkan tahun baru hijriyah 1 Muharam 1441 H, MTs Surya Buana menyelenggarakan Pawai Muharram dan berbagai lomba antarkelas. Lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain Musikalisasi Puisi Islami, Tahfidz Berantai, Cerdas Cermat Muharram, Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 4 September 2019 mulai pukul 08.30 sampai 15.30.

Pukul 08.00, siswa sudah bersiap untuk melaksanakan Pawai Muharram yang diawali dengan yel-yel dari masing-masing kelas. Kostum, atribut, banner, serta poster telah dipersiapkan oleh para siswa. Bahkan beberapa kelas menyiapkan alat musik untuk menambah kemeriahan pawai. Pawai ini juga dinilai oleh juri. Tidak hanya saat yel-yel, kerapian dan kekompakan dalam berbaris juga menjadi aspek penilaian. Tidak hanya siswa yang antusias mengikuti pawai, tetapi para guru juga turut mendampingi siswa. Pawai Muharram ini selesai pada pukul 09.30. Seusai pawai, siswa diberikan waktu istirahat selama 30 menit sebelum menuju perlombaan berikutnya.

Pada lomba Tahfidz Berantai, masing-masing kelas mengirimkan 5 wakilnya. Lomba ini dilaksanakan di ruang kelas 9B dengan Bapak Hasan Igo, Bapak Fatih, dan Bapak Mabrur sebagai dewan juri. Pada lomba ini, perwakilan kelas akan diberikan sebuah surat juz 30 yang nantinya akan dibacakan secara berantai oleh perwakilan kelas.

Berbeda dengan lomba Tahfidz Berantai, lomba Cerdas Cermat Muharam hanya membutuhkan 3 siswa sebagai perwakilan kelas. Dibagi menjadi 2 sesi, lomba ini terdiri atas babak penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, setiap perwakilan diberi 5 pertanyaan oleh dewan juri. Tim yang lolos ke babak final, akan diadu cepat dalam menjawab pertanyaan. Tim yang jawabannya salah akan dikurangi poinnya sebanyak 50. Pada lomba ini, yang menjadi juri adalah Ibu Dewi, Ibu Nina, dan Ibu Pipit.

Kontras dengan pelaksanaan lomba Tahfidz Berantai dan Cerdas Cermat Muharam yang dilaksanakan di ruang kelas, lomba Musikalisasi Puisi Islami dilaksanakan di aula madrasah dan disaksikan oleh warga sekolah. Waktu pelaksanaan lomba ini seusai salat Zuhur. Dengan Bapak Heru, Ibu Diah, dan Ibu Khurin sebagai dewan juri, lomba ini berlangsung dengan sangat meriah. Berbagai tema diusung demi menyabet juara 1. Kreativitas siswa tercermin dalam performansi mereka. Ada yang mengiringi puisi dengan alat musik, seperti biola, gendang, dan piano, ada yang memadukannya dengan teatrikal, ada pula yang memadukannya dengan bacaan salawat. Sorak sorai pendukung setiap kelas tidak memudar meskipun hari sudah siang.

Selain untuk memperingati hari besar Islam, rangkaian acara pada 1 Muharam ini diharapkan dapat membuat siswa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, meningkatkan kreativitas mereka, serta menambah rasa solidaritas antarwarga sekolah. Acara ini ditutup oleh pengumuman juara pada masing-masing lomba dan doa bersama. Kemudian para siswa dan guru melaksanakan salat Asar berjamaah. (Rin)