Gemah ripah loh jinawi, ungkapan itu sering disematkan pada Indonesia dimana memiliki arti kekayaan alam yang melimpah. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempuanyai pencaharian dibidang pertanian atau bercocok tanam. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditas ekspor antara lain padi, jagung, kedelai sayur sayuran, aneka cabai, ubi dan singkong.

Guna menumbuhkan jiwa bertani, mengenalkan dan menambah pengetahuan parasiswa akan dunia pertanian maka kegiatan outing class pada semester ini mengambil tema pertanian yakni plant now, harvest later dengan lokasi tujuan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Jawa Timur yang berlokasi di kecamatan karagploso, Kota Malang. Disini siswa belajar empat jenis materi yakni Budidaya Padi, Budidaya Sayuran, Budidaya Ternak Ayam dan Pengolahan Es Krim Ubi Jalar.

Kamis, 25 April 2019, rombongan siswa kelas 7 dan 8 menuju lokasi dengan pendampingan guru dan karyawan. Mula mula para siswa disambutan oleh pihak BPTP yang di wakilkan oleh ibu Rika selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian. “Adik adik hari ini akan belajar tentang bertani dan teknologi pertanian. Kedatangan adik adik dari MTs Surya Buana diharapkan semua dapat belajar dengan baik sehingga ilmu yang didapat bisa diserap terlebih lagi adik adik dapat mengetahui bagaimana proses menghasilkan padi ataupun sayuran sehingga akhirnya dapat dikonsumsi adik adik sekalian “, pungkas Bu Rika.

Para siswa pun langsung terbagi kedalam empat kelompok dan mendapatkan materi yang berbeda beda. Selain mendapat teori tentang budidaya ternak ayam dan budidaya sayuran, siswa juga mendapatkan materi praktek langsung yakni praktek budidaya padi dan pratek membuat es krim ubi jalar. Siswa sangat antusias dapat terjun langsung langsung ke area persawahan dan menanam padi bersama. Ditempat lain siswa juga bersemangat untuk belajar membuat es krim berbahan dasar ubi jalar. Diakhir praktik, siswa pun mendapatkan produk eskrim tersebut secara gratis.

Sebagai bentuk ungkapan terimakasih, sekolah memberikan sebuah piagam penghargaan kepada pihak BPTP yang telah memberikan materi beserta praktik langsung tentang dunia pertanian dimana siswapun akhirnya dapat mengerti proses budidaya, pengolahan hingga teknologi yang menyertainya. (her)