Seluruh siswa Kelas IX MTs Surya Buana telah mengkuti rentetan ujian akhir nasional dengan lancar. Adapun ujian yang telah dilalui  yakni Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ketiga ujian akhir nasional tersebut digunakan sebagai acuan penentuan kelulusan siswa.

Dimulai dari  UAMBN-BK yang pelaksanaannya tertanggal 20-22 Maret 2019, siswa terlihat semangat dan optimis dalam mengerjakan soal. Adapun  mata pelajaran yang diujikan yakni Qur’an Hadist, Fikih dan SKI. Sebelum UAMBN-BK utama ini dilaksanakan, terdapat ujian simulasi yang telah dilakukan sebanyak dua kali sejak bulan februari sebagai tolak ukur kesiapan siswa dan sekolah dalam pelaksaan ujian utama.

Berbeda dengan UAMBN-BK, ujian kedua yakni USBN dilaksanakan dengan sistem 2 periode. Periode pertama dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Februari  dan periode kedua pada tanggal 23-26 Maret. Hal ini dilakukan karena mengingat mata pelajaran yang diujikan banyak sedangkan waktu pelaksaan ujian akhir yang telah terjadwal secara nasional juga mengalami revisi, sehingga berpengaruh dengan pelaksaan ujian yang lainnya. Namun hal tersebut tak mengubah antusiasme siswa dalam mengikuti ujian.

Ujian yang terakhir yakni UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer, terjadwal pada tanggal 22 – 25 April 2019. Mata Pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika,Bahasa Inggris dan IPA. Tak hanya siswa yang bersemangat, guru gurupun ikut bersemangat dengan memberikan pelajaran tambahan disela jam istirahat atau sebelum siswa memasuki ruang ujian. Tak jarang siswa juga meminta doa agar dilancarkan dalam mengikuti ujian, “ Pak, doakan saya bisa  mengerjakan ujian nanti ya, Pak,” ucap Habibi siswa kelas IX B kepada salah satu guru.

Dengan persiapan yang begitu matang, bahkan sejak awal semester genap bimbingan khusus pun sudah diberikan kepada siswa kelas IX, dengan harapan semua siswa dapat sukses dalam ujian akhir nasional. (her)