Jadwal pembelajaran hari Jumat di MTs Surya Buana berbeda dengan sekolah lain pada umumnya. Pada setiap hari Jumat, siswa MTs Surya Buana melaksanakan try out salah satu mata pelajaran UN. Berbeda lagi dengan Jumat pada tanggal 5 April 2019. Pada hari itu, siswa beserta guru MTs Surya Buana memperingati Isra Miraj usai bazar yang telah diselenggarakan pada pagi harinya.

Sebelum menyimak tausiah, para siswa menggelar bazaar di musala. Setiap kelas mendirikan stand masing-masing dengan menawarkan berbagai makanan ataupun minuman. Kegiatan bazar tersebut tidak hanya digunakan sebagai sarana rekreasi siswa, tetapi juga untuk mengajarkan kewirausahaan kepada mereka karena mereka mengatur sendiri modal serta harga penjualan yang dapat mendatangkan untung bagi mereka.

Usai bazar, siswa bersama guru melaksanakan salat Jumat, kemudian dilanjutkan dengan acara pengajian. Siang itu, siswa dan guru mendapatkan tausiah dari Ustadz Soni Fauzi. Tidak seperti suasana membosankan yang kerap kali identik dengan ceramah, Ustadz Soni menyampaikan ceramah yang dapat membangkitkan semangat siswa dan membuat mereka merasa terhibur dengan diselingi guyonan sana sini. Beliau menyampaikan kisah perjalanan isra miraj Rasulullah, perjuangan beliau dalam memimbing umatnya, dan kesabaran beliau saat dihadapkan pada pembencinya. Para siswa tidak lupa mencatat intisari tausiah beliau pada buku yang telah mereka siapkan. Dengan menyimak tausiah beliau, diharapkan para siswa selalu mengingat perjuangan serta meneladani budi pekerti Rasulullah untuk diterapkan dalam setiap langkah dan gerak mereka, demi meningkatkan kualitas diri di hadapan Allah Swt. (Khurin)