Sabtu, 23 Februari 2019, MTs Surya Buana menggelar FISI (Festival Seni Islami) untuk pertama kalinya. Festival ini meliputi Lomba Dai, Puisi, Tahfiz, Menyanyi, dan Kaligrafi yang diikuti oleh siswa-siswi SD/MI se-Malang Raya, di antaranya SDI Surya Buana Malang, SD Muhammadiyah 4 Malang, SD Muhammadiyah 8 Malang, SDIT Ahmad Yani, MIN 1 Malang, SDI Mohammad Hatta, MIN Malang 1, dll. Tidak hanya peserta yang antusias, para guru dan orang tua pun turut antusias mendampingi dan memberikan dukungan.

Pembukaan FISI dilaksanakan pukul 08.00 pagi di aula Matsasurba dan dibuka secara langsung oleh Direktur Perguruan Surya Buana, Bapak dr. H. Elvin Fajrul Jaya Saputra, M.Kes. Beliau menyambut baik kegiatan ini, lalu berpesan kepada para peserta agar menjadikan lomba ini sebagai ajang mengasah dan mengembangkan bakat juga kreativitas. Bukan menang atau kalah yang menjadi poin utama, melainkan bagaimana upaya peserta untuk menampilkan yang terbaik itulah yang luar biasa.

Setelah pembukaan selesai, panitia mengarahkan para peserta dan dewan juri memasuki ruangan masing-masing berdasarkan cabang lomba. Kurang lebih 2,5 jam proses perlombaan berlangsung, dimulai pukul 9.00 dan selesai pukul 11.30. Setelah itu para peserta kembali berkumpul di aula untuk menunggu pengguman hasil lomba. Sembari menunggu rekap penilaian dewan juri, para peserta, guru, dan orang tua dihibur oleh penampilan matsasurba band yang begitu memukau sehingga kebosanan pun terusir. Tepat pukul 12.00, MC acara mengumumkan hasil lomba dengan penuh semangat. Sebelum diumumkan, para peserta diyakinkan bahwa semua peserta yang ikut adalah pemenang karena sudah berhasil mengalahkan ketakutan dan kekhawatiran saat berkompetisi. Alhasil, usai pengumuman mereka tetap semangat dan ceria.

Ke depannya kegiatan FISI akan menjadi agenda rutin tahunan di MTs Surya Buana. Harapannya FISI bisa menjadi wadah pengembangan bakat dan minat para siswa SD/MI khususnya di wilayah Malang Raya. (Fin)