Taman Safari Indonesia II yang terletak di kabupaten Pasuruan merupakan salah satu  safari park terluas di asia. Sehingga sangat layak sebagai destinasi studi empiris bagi siswa untuk mengenal berbagai macam hewan dari lima benua yang ada didunia ini.

Jumat, 8 Februari 2019, rombongan siswa siswi beserta guru karyawan berangkat menuju Taman Safari Prigen dengan menggunakan 4 bus travel. Cuaca mendung pun tak menghalangi semangat parasiswa untuk berwisata sambil belajar mengenal lebih dekat hewan hewan dari seluruh penjuru dunia. Membutuhkan waktu sekitar  90 menit perjalanan dari Kota Malang menuju Prigen, Pasuruan.

Setiba dilokasi, para siswa disuguhkan kondisi alam beserta beragam hewan sesuai zona benua yang disebut zona satwa. Zona tersebut meliputi, Zona Asia, Zona Afrika, Zona Eropa dan  Zona Amerika. Masing masing zona diisi oleh hewan yang berasal dari negara yang termasuk dalam zona dengan habitat alam  berbeda. Disini siswa berkeliling dengan bus sehingga bisa menyaksikan hewan secara langsung melalui kaca.

Kegiatan selanjutnya siswa berkumpul untuk makan siang dan beribadah sholat jumat. Taman Safari ini dilengkapi dengan fasilitas Masjid yang cukup luas, sehingga bisa menampung pengunjung dalam jumlah besar.

Pada zona selanjutnya siswa diajak berkeliling jalan kaki menikmati dan menyaksikan langsung aneka satwa, mulai dari kanguru, simpanze, bekantan dan aneka satwa eksotis lainnya. Siswa juga diperbolehkan memberi makan dan berfoto bersama. disudut lain, siswa bisa menikmati pertunjukan yakni,pertunjukan burung dan pertunjukan harimau. Pihak pengelola sudah mengemas pertunjukan sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sarana edukasi bagi siswa.

Di lokasi terakhir, siswa menikmati pertunjukan Temple of Terror. Pertunjukan ini memperlihatkan aksi teatrikal yang cukup memacu jantung dimana para pemain melakukan aksi yang cukup ekstrim dengan efek ledakan api dan semburan air. Pertunjukan ini juga melibatkan beberapa jenis hewan seperti harimau putih, anjing, merak dan burung gagak.

Berkesan dan sarat edukasi, itulah kata kata yang tepat untuk kegiatan Study Empiris tahun ini. Siswa dapat belajar dengan melihat secara langsung objek belajar dan kegiatan juga dikemas dalam bentuk berwisata. (her)