Tepatnya tanggal 30 Januari 2012, untuk yang kesekian kalinya MTs Surya Buana kedatangan tamu study banding. Kali ini tamu study banding datang dari mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Rombongan yang berjumlah sekitar 60 orang datang di MTs Surya Buana pukul 10.30 WIB didampingi oleh beberapa dosen pembimbing.

Kedatangan mereka langsung disambut oleh Dr. H. Subanji, M.Si (Pembina Yayasan/Dosen Matematika UM), Drs. H. Abdul Djalil Z, M.Ag (Direktur Perguruan Surya Buana), Akhmad Riyadi, S.Si, S.Pd (Kepala MTs Surya Buana) beserta segenap guru.
Kegiatan study banding kali ini untuk melihat secara langsung pembelajaran di sekolah. Kalau selama ini hanya teori yang diperoleh dibangku kuliah, dengan study banding ini diharapkan bisa observasi langsung terkait dengan sekolah. Baik manajemen sekolah maupun pengembangannya. Selain itu juga dijelaskan tentang berbagai alternatif  model pembelajaran matematika yang dikembangkan di MTs Surya Buana. Salah satunya adalah Pohon Matematika. Mahasiswa diminta praktik langsung terkait model pembelajaran Pohon Matematika ini. (ar)