Poncokusumo adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang yang indah dengan pemandangan pepohonan serta tumbuhan, berhawa sejuk, berbukit-bukit dan berhawa dingin. Sehingga desa-desa yang ada di kecamatan ini keasriannya masih terjaga, dan juga terkenal dengan hasil pertaniannya juga. Mulai dari apel yang tidak kalah nikmatnya dengan Apel Kota Batu, serta bermacam-macam sayur-mayur yang bisa dengan tumbuh mudah di tanah daerah ini. Sumber mata air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat di daerah ini berasal dari mata air pegunungan tepatnya Gunung Bromo.

Sehingga jangan kaget, jika air di kamar mandi atau air yang keluar dari kran masing-masing rumah terasa sangat dingin sekali seperti lelehan es. Budidaya jamur di daerah tropis seperti ini juga sangat cocok untuk dikembangkan, mengingat jumlah petani jamur di daerah ini juga masih sedikit jika dibandingkan dengan petani sayur mayur lainnya.

Tema Outing Class 8C Semester Ganjil TA. 2018/2019 kali ini adalah “You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice” yang berarti “Anda tidak perlu menjadi hebat untuk memulai sesuatu. Lakukan sekarang dan jangan pernah menunda karena kesempatan mungkin tidak datang dua kali”. Mengapa Kelas 8C mengambil tema itu? Dikarenakan saat ini, semangat para pemuda itu sangat rendah untuk memajukan pertanian dan perkebunan di Indonesia sedangkan Indonesia terkenal dengan hasil kekayaan alam baik dari sisi pertanian maupun perkebunan. Oleh karena itu, Wali Kelas 8C mengajak para siswa khususnya kelas 8C untuk mulai saat ini lebih peduli terhadap pertanian dan perkebunan, serta mengajarkan keutamaan jiwa enterpreneurship kepada siswa sejak saat usia remaja. Sehingga mereka termotivasi menjadi seorang pengusaha dengan adanya Kunjungan outing class budidaya jamur ini. Menjadi seorang pengusaha itu jangan ditunda-tunda, selagi ada keinginan untuk menjadi pebisnis atau pengusaha maka segera dilaksanakan.

Tujuan lokasi Outing Class 8C ini yaitu di Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang yaitu ke Sebuah Pengusaha Jamur yang mengembangkan jamur tiram dan jamur kuping. Pengusaha ini selain mengembangkan hobinya di Bidang Pengembangan Jamur, dia juga berhasil mengangkat ekonomi warga di sekitar Daerah Poncokusumo karena dia membuka lapangan pekerjaan bagi sebagian Warga Poncokusumo. Hal in dibuktikan dengan adanya 70 karyawannya yang berasal dari Daerah Poncokusumo. Di tempat ini dilakukan proses pembibitan, pembuatan baglock jamur, budidaya jamur serta produksi segala produk hasil olahan jamur.

Siswi kelas 8C pun sangat antusias dengan adanya Kegiatan Outing Class ini, dimana outing class ini merupakan agenda rutin siswi bersama wali kelas untuk melakukan sebuah kunjungan ke suatu tempat untuk menggali segala informasi yang ada dalam sebuah perusahaan atau istilah umumnya adalah Agenda Kunjungan Industri yang biasanya dilakukan oleh siswa tingkat SMA / MA hingga mahasiswa. Tetapi di MTs Surya Buana Malang, kegiatan Outing Class atau Kunjungan Industri ini menjadi agenda rutin yang dilakukan minimal 1 kali per semester bersama wali kelas dan orang tua paguyuban.

Di tempat budidaya jamur ini, anak-anak belajar dari sisi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya Pertanian, mulai dari proses pemilihan bahan utama, pembibitan jamur, produksi baglock atau wadah bercocok tanam jamur, cara peletakan bibit, sterilisasi baglock, pendinginan baglock hasil sterilisasi, proses perawatan baglock hingga tumbuhnya spora jamur menjadi jamur dewasa, pemanenan jamur, pengolahan jamur, serta pengemasan produk olahan jamur.

Anak-anak pun sangat senang menggali segala informasi terkait Budidaya jamur, hal ini dibuktikan dengan munculnya banyak pertanyaan yang diberikan anak-anak kepada Pak Sumanto selaku Pengusaha Jamur. Selain pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan alam, anak-anakpun juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait perhitungan ekonomi terkait modal, keuntungan dari penjualan budidaya jamur segar serta keuntungan produksi hasil olahan jamur.

Pada sesi terakhir Kegiatan Outing Class 8C TA. 2018/2019 ini adalah masak bersama dan makan bersama. Sesi ini merupakan sesi yang paling ditunggu oleh anak-anak, mereka semua diajari bagaimana membuat jamur crispy, memasak sate jamur, dan memasak rendang jamur. Setelah berlelah-lelah menggali informasi terkait budidaya jamur, mereka memasak produk-produk olahan jamur kemudian mereka menyantap masakan hasil olahan mereka sendiri. Sehingga ada kebanggan tersendiri karena mereka bisa memasak dan menikmati hasil masakan mereka.

Setelah makan bersama kamipun bersama keluarga besar Pak Sumanto berfoto bersama untuk mengabadikan momen spesial ini. Tak lupa kamipun juga membeli produk-produk olahan jamur seperti rendang jamur, jamur crispy, dan jamur segar sebagai oleh-oleh kita untuk keluarga kita di rumah. Kamipun juga membeli baglock atau wadah bercocok tanam jamur untuk kami jadikan observasi dan pengamatan dirumah terkait pertumbuhan dan perkembangan jamur, sehingga nantinya dirumah tetap bisa mengkonumsi jamur hasil cocok tanam sendiri. (Siti Nurul Afifah, S.Si.)