Ada program baru yang diperkenalkan MTs Surya Buana Malang pada semester ini, yaitu outing class. Sesuai namanya, outing class adalah pembelajaran di luar kelas. MTs Surya Buana Malang menyadari bahwa pembelajaran tidak hanya dapat berlangsung di dalam kelas, namun juga bisa diperoleh langsung dari pengalaman belajar langsung di lapangan.

Pada tanggal 26 Oktober 2018 lalu, rombongan kelas 7A dan 7B mengadakan outing class ke BALITJESTRO (Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika) dan perkebunan Jambu Kristal Bumiaji di Kota Wisata Batu. Dengan kendaraan roda empat, kelima puluh lima siswa menuju lokasi setelah melaksanakan solat dhuha bersama di sekolah.

Kunjungan pertama outing class adalah BALITJESTRO yang terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu.  Bangunan BALITJESTRO berdiri megah diantara perkebunan tanaman subtropika yang menyejukkan mata. Di awal kunjungan, petugas BALITJESTRO menyambut dan menggiring rombongan MTs Surya Buana menuju ruang auditorium. Di sana, petugas sudah mempersiapkan slide yang berisi informasi seputar BALITJESTRO. Pada akhir acara, dibuka tanya jawab dan disambut gembira oleh para siswa. Terbukti dengan berebutnya siswa yang mengacungkan tangan untuk mengajukan sejumlah pertanyaan. Seru!

Setelah acara di auditorium, siswa diajak berkeliling perkebunan dan mengenal jenis buah subtropika. Jika beruntung, siswa dapat memetik buah yang ranum untuk langsung dicicipi. Tidak hanya itu, petugas BALITJESTRO juga mengajarkan siswa cara menanam yang benar. Siswa menyaksikan langsung, bahkan praktik cara menanam yang benar. Jika ada hal yang tidak jelas, siswa dapat menanyakannya langsung kepada petugas pendamping. Sebelum acara kunjungan diakhiri, siswa berkesempatan mencicipi nikmatnya sari jeruk asli hasil perkebunan BALITJESTRO.

Menjelang dhuhur, siswa dan rombongan MTs Surya Buana Malang bersiap diri untuk salat Jumat di Masjid At-taqwa. Setelah itu, siswa makan siang dan istirahat sejenak untuk mempersiapkan kunjungan outing class selanjutnya.

Kunjungan kedua yaitu perkebunan jambu kristal bumiaji di Kota Batu. Perkebunan milik Bapak Imam Ghozali ini membudidayakan jambu kristal varietas baru yang diberi nama jambu kristal bumiaji. Lebih lanjut, dosen pertanian Universitas Brawijaya ini mengatakan bahwa jambu biji miliknya ini telah memperoleh sertifikat resmi dari bidang terkait. Dalam kegiatan tersebut, siswa praktik langsung cara menanam tumbuhan mulai dari meracik media tanam hingga proses penyiraman, cara menyilangkan jenis tanaman, dan mengenal jenis jambu yang terdapat di sana. Siswa pun mendapatkan buah tangan berupa jambu kristal bumiaji dan bibit tanaman diakhir pertemuan.

Kegiatan pembelajaran hari itu menghadirkan pengalaman tersendiri bagi para siswa. Tepat pukul 14.30, kegiatan outing class berakhir. Kami kembali menuju sekolah dan para siswa pulang ke rumah masing-masing. Walau lelah, begitu banyak pelajaran yang diperoleh pada hari itu. Outing class kali ini begitu bermakna bagi para siswa. (FR)