”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim).

Ada agenda baru di Matsasurba, yaitu Sedekah Jumat Berkah (SJB). Program ini  diprakarsai oleh kelas 9A yang dikomandoi oleh wali kelasnya, Ustaz Farihul Muflihin, S.Pd. Pada awalnya, setiap hari Jumat, kelas 9A mengadakan Aksi Jumat Bersih (AJB) dan Motivasi Jumat  Berkah (MJB). Kegiatan AJB merupakan aksi siswa membersihkan toilet, musolah, dan tempat wudhu agar siap digunakan untuk ibadah salat Jumat. Sementara itu, kegiatan MJB merupakan kegiatan siswa untuk saling memotivasi rekan sejawat dengan kisah inspiratif yang dimilikinya. Biasanya, ada sekitar empat siswa yang membagikan kisahnya tiap minggu.

Kedua kegiatan Jumat itu, kemudian berkembang menjadi Sedekah Jumat Berkah (SJB). Kegiatan ini mendapat apresiasi dari wali murid dan didukung penuh oleh paguyuban kelas. Selanjutnya, para donatur yang berasal dari walimurid menyumbangkan sedekah dalam wujud nasi, kue, sembako, dan uang yang disalurkan oleh siswa pada masyarakat berhak di sekitar sekolah.

Kegiatan SJB ini nantinya akan diadaptasi  sebagai program rutin sekolah karena memiliki nilai positif di dalamnya. Dari kegiatan ini, siswa belajar bersimpati, berempati, berbagi, serta bersyukur. Lebih lanjut, Ustad Farih mengatakan bahwa  akan mengemas kegiatan ini menjadi GEMAS (Gerakan Masyarakat Sedekah) dan memperluas jangkauan penerima sedekah di sekitar sekolah.

Semoga  kegiatan SJB ini akan terus berlangsung dan membentuk akhlakul kharimah dalam diri siswa. Sebagaimana visi yang diusung oleh Matsasurba, "unggul dalam prestasi, terdepan dalam inovasi, maju dalam kreasi, berwawasan lingkungan, dan berakhlakul kharimah. (FR)