Jumat, 6 April 2018, PMR Matsasurba mengadakan Safari ke Kantor PMI dan UTD Kota Malang serta SMPN 4 Kepanjen. Kegiatan tersebut merupakan program tahunan dari ekstrakurikuler PMR di MTs Surya Buana yang diikuti oleh pengurus dan anggota PMR. Ada 30 peserta, 3 fasilitator dari KSR UM, dan 1 waka kesiswaan yang ikut pada kegiatan itu. Sebelum berangkat, rombongan dihimbau untuk berkumpul di lapangan Universitas Negeri Malang (UM) pukul 5.30 WIB. Tepat pukul 6.00 WIB rombongan berangkat menuju tujuan pertama yakni kantor PMI dan UTD Kota Malang.

Tepat pukul 6.20 WIB rombongan sampai di kantor PMI dengan penuh suka cita. Lalu disambut oleh pengurus PMI dengan senyum ramah. Kami dibawa mengelilingi kantor PMI, berakhir di aula pertemuan yang didesain begitu apik dengan perpaduan cat merah dan putih. Para siswa semakin bersemangat berada di ruangan tersebut. Selain karena suasananya yang begitu nyaman, ternyata para anggota PMR juga sudah tidak sabar menerima materi dari pengurus PMI Kota Malang. Materi yang diberikan meliputi materi pertolongan pertama sekaligus praktiknya. Beberapa siswa menjadi model dalam simulasi tersebut. Ada yang menjadi korban kecelakaan, pun sebagai petugas PMR/PMI yang dengan sigap mempraktikkan pertolongan pertama. Para siswa begitu menikmati dengan serius tetapi tetap rileks karena materi maupun praktikknya dikemas dalam pembelajaran yang sangat menyenangkan.

Setelah menerima materi dan praktik PP, para siswa diajak menuju Unit Transfusi Darah Kota Malang. Di sana para siswa diberi kesempatan untuk melihat secara langsung proses donor darah secara begiliran. Alurnya dimulai dari bagian registrasi, kemudian dilanjutkan pada pengecekan kondisi kesehatan dan HB. Setelah pemeriksaan lolos maka proses tranfusi darah bisa dimulai. Seperti yang dilihat para siswa, UTD Kota Malang tidak pernah sepi dari para relawan yang dengan ikhlas menyumbangkan darahnya untuk orang lain yang membutuhkan. Selain karena alasan sosial dan kemanusiaan, kegiatan donor darah juga membuat si pendonor lebih sehat dan bahagia.

Dua jam telah berlalu, kegiatan Safari di PMI dan UTD Kota Malang berakhir pukul 10.00 WIB. Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju SMPN 4 Kepanjen. SMP tersebut merupakan “saingan” MTs Surya Buana dalam kompetisi PMR baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Oleh karena itu, agar tercipta persahabatan yang baik maka muncullah inisiatif dari para fasilitator kedua sekolah yakni mengadakan studi banding untuk saling bertukar pikiran dan melaksanakan game persahabatan. Alhamdulillah, kegiatan terlaksana dengan baik. Alhasil, setelah kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 s.d. 17.00, para siswa baik dari MTs Surya Buana maupun SMPN 4 Kepanjeng telah berhasil menciptakan hubungan yang lebih akrab. Bahkan mereka membuat grub persahabatan melalui media sosial WatsApp. Tepat pukul 17.00 WIB rombongan dari MTs Surya Buana berpamitan dan mengucapkan terimakasih karena telah disambut dengan sangat baik. (Fin)