Peringatan Maulid NabiBerbagai macam acara digelar oleh umat Islam dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Ada yang mengemas dalam bentuk pengajian, dan semacamnya. Lain halnya dengan MTs Surya Buana yang mempunyai cara tersendiri dalam memperingati maulid nabi Muhammad SAW pada tahun ini. Hari Sabtu, 11 Pebruari 2012,

kelihatan tidak seperti hari-hari biasanya, seluruh siswa MTs SB datang ke sekolah dengan tidak memakai seragam sekolah hari sabtu yaitu seragam pramuka. Hal tersebut dikarenakan pada hari itu MTs SB mengadakan sebuah kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Anak-anak  datang ke sekolah dengan memakai baju muslim bebas rapi.
Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB diawali dengan mengaji, membaca asmaul Husna dan shalat Dhuha berjaama’ah 12 rakaat yang sudah menjadi rutinitas ibadah sehari-hari siswa MTs Surya Buana, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan. Acara dibuka langsung oleh Bapak Direktur Perguruan Surya Buana (Drs. H. Abdul Djalil, M.Ag) yang didampingi oleh Kepala MTs Surya Buana (Akhmad Riyadi, S.Si, S.Pd) beserta segenap guru dan karyawan. Dalam sambutannya Bapak Direktur Perguruan mengingatkan bahwa kita harus menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seluruh siswa nampak serius mendengarkan sambutan Bapak Direktur Perguruan.
Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penampilan masing-masing kelas. Penampilan dari masing-masing kelas sangat bervariasi hampir tidak ada yang sama, akan tetapi tidak keluar dari tema  yang sudah ditentukan yaitu tentang “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW”. Disinilah kelihatan kreatifitas anak-anak dalam mengemas sebuah penampilan. Mulai dari drama islami, puisi islami, hadrah/shalawat, dan semacamnya. Untuk menghargai kreatifitas mereka pihak sekolah memberikan penghargaan kepada kelas dengan kategori penampilan terbaik. Dan kategori tersebut diraih oleh kelas 7A. Dalam hal kreatifitas sekolah senantiasa berusaha memberikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri siswa. Karena kemampuan siswa beragam, ada yang mampu/bakat di sisi akademik dan ada pula yang mampu/bakat pada sisi non akademik. Kemampuan itulah yang selalu diasah dan dikembangkan sehingga anak bisa tumbuh sesuai dengan kemampuan/bakatnya masing-masing.
Acara pada hari itu ditutup dengan ceramah agama oleh Ustad Nasrullah Sai’d Dari UIN Malang yang mengambil tema “Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia”. Setelah itu dilanjutkan dengan shalat dhuhur Berjamaah kemudian pulang. Dalam kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW tahun ini, MTs SB dibantu oleh para guru PPL dari Universitas Negeri Malang (UM). (ar)